ISIS tak akan Kehabisan Sumber Dana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Badan Nasional Penanggulanan Terorisme (BNPT) Irfan Idris mengatakan, kelompok negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tidak akan kehabisan dana. Mereka punya banyak sumber pendanaan untuk memfasilitasi orang-orang yang mau bergabung dengan ISIS.

Sumber pendanaan ISIS yang ada di Indonesia, kata Irfan, tidak hanya dari dana yang digelontorkan ISIS dari luar negeri. "Anggota ISIS di Indonesia ada yang rela memberikan banyak uang bagi orang-orang yang mau pergi ke Suriah," katanya di Jakarta, Kamis, (19/3).
Mereka, ujar dia, rela memberikan dana karena mungkin merasa sudah tua, tak ada tenaga pergi ke Suriah. Jadi sebagai sumbangsih, mereka mendanai orang-orang yang mau berangkat ke sana.

Para pemberi dana ini, terang Irfan, merasa satu-satunya cara untuk membantu ISIS adalah memberikan bantuan finansial. Sebab hanya itu yang bisa mereka lakukan karena kalau diminta tenaga, mereka tak sanggup mengingat usia yang sudah tua.

Untuk pendanaan ISIS di luar negeri, ujar dia, bisa berasal dari pengusaha kaya di Saudi Arabia, Kuwait maupun negara Arab lain. Selain itu juga bisa bersumber dari pertukaran tawanan.

ISIS sendiri menguasai banyak sumber minyak di Timur Tengah. Mereka tidak akan kehabisan uang dan pendanaan. 
Reporter : Dyah Ratna Meta Novia Redaktur : Agung Sasongko

0 Response to "ISIS tak akan Kehabisan Sumber Dana"

Post a Comment

heriheriyana